Sunday, November 09, 2008

Cerpen-Bagian 4. BINTANGKU (2000 – 2008)

Cerita ini hanya Fiksi belaka, apabila ada kesamaan nama tokoh, tempat, alamat blog, dan lain sebagainya, itu hanya karangan penulis saja.


Data hilang kena Virus


Setelah melaksanakan matakuliah wajib yaitu Praktek Kerja Lapang (PKL) atau lainnya sesuai dengan jurusan masing-masing, tidak terasa saya sudah memasuki semester akhir (semester 8) dan sudah tidak ada lagi kuliah. Jadi saya bisa lebih bayak menghabiskan waktu untuk menjadi asisten dosen. Selain menjadi asisten, saya juga mendapat tugas dari dosen untuk membuat modul praktikum yang merupakan proyek pengembangan mutu pembelajaran. Saya selalu menyiapakan materi praktikum yang saya print dan saya simpan di disket. Sampai akhir semester semua modul sudah selesai saya buat. Dirental komputer kampus, saya melakukan editan terakhir, tetapi ada sedikit kejanggalan disana, data-data yang ada didisket tidak bisa dibuka, aplikasinya berubah jadi .exe yang terkahir saya ketahui itu ulah virus komputer. Saya coba pindah komputer dan tiba-tiba keluar antivirus yang meminta mendelete file yang ada didisket, tidak ada pilihan lain, saya pilih delete yang ternyata itu membuat semua data yang ada hilang. Saya sangat panik sementara sebentar ladi deadline modul praktikum itu harus segera diserahkan ke dosen. Mengetik kembali dari awal semua modul yang sudah ada dalam bentuk print out merupakan jalan satu-satunya yang terlintas dalam benak saya. Tetapi itu suatu hal yang cukup berat buat saya pada kondisi yang stress kehilangan data yang tinggal sedikt lagi diselesaikan.


Pulang ke kosan dengan perasaan sedih dan belum mengerjakan apa-apa untuk memulai mengerjakan mengetik ulang modul itu. Kemudian teringat dengan seseorang yang mungkin bisa membantu saya dan saya ambil ponsel yang ada di tas. “Assalamualaikum Ratna?” salam saya dan kemudian menjelaskan permasalahan yang menimpa saya. Ratna bersedia mengetikkan kembali modul praktikum itu dan saya membuat kembali gambar-gambar yang terdapat di modul tersebut. Tiga hari sudah berlalu tetapi belum ada kabar, sore ini hujan lebat dan saya terpikirkan untuk menelepon dan menanyakan keadaannya. “Assalamualaikum, bagaimana kabar Ratna? Sedang istirahat ya?” . “Waalaikumsalam, Maaf Anto, Ratna belum selesai mengetik, ini sedang mengetik di rental komputer, sekali lagi maaf, Ratna sudah mulai membuat Skripsi…”. Jawab Ratna lirih. Saya merasa bersalah karena sudah membuat seseorang mengetik ditengah hujan lebat dan waktu untuk beristirahat. Saya sudah berusaha membujuknya supaya menyudahi mengetik modul itu, biar saya yang melanjutkan, tetapi dia bersikeras untuk tetap melanjutkan sampai selesai.


Alhamdulillah, modul praktikum itu sudah selesai kami buat dan dengan segera saya serahkan kepada dosen untuk menghindari permasalahan yang mungkiin akan timbul seperti sebelumnya. Saya sangat berterima kasih kepada seseorang yang sudah membantu menyelesaikannya.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment